Wednesday, August 1, 2012

EKONOMI NEGARA LAOS

EKONOMI NEGARA LAOS


Ekonomi di Negara Laos akir-akhir ini mengalami kenaikan, padahal pada pendataan sebelumnya Negara Laos menjadi salah satu Negara paling terbelakang di dunia, yaitu peringkat kesepuluh paling bawah. Selain itu pendapatan perkapita Negara inipun juga sudah tidak menjadi yang tersedikit diantara Negara-negara di ASEAN(Asosiation of South East Asia Nations), hal ini bias terjadi karena usaha keras yang di lakukan oleh pemerintah Negara ini. Inilah hasil-hasil ekonomi yang menunjang Negara ini :

Pertanian
Beras, jagung, katun, opium, jeruk, kopi, dan kapas merupakan komoditi utama Negara ini. Luas tanah garapan di Laos adalah sekitar 747.000 hektar. Sehingga kebanyakan penduduk di Negara ini bekerja sebagai petani. Wilayah penghasil pertanian di Negara Laos kebanyakan berada di wilayah dataran rendah .

Perikanan
Laos merupakan satu-satunya Negara di wilayah Asia Tenggara yang tidak memiliki wilayah laut sehingga miskin sumber daya perikanan, oleh karena itu Laos haru mengimpor ikan dari Negara lain untuk mencukupi kebutuhan ikan di Negaranya. Jadi wilayah perikanan Negara Laos hanya di daerah-daerah sungai saja yang belum bisa menutup konsumsi ikan rakyat Laos



Tambang
Laos memiliki hasil tambang yang juga dihasilkan oleh Negara-negara Asia Tenggara yaitu Timah, namun jumlahnya tidak terlalu banyak sehingga jumlah timah dari wilayah Negara Laos ini tidak terlalu terlihat di banding penghasilan timah Negara-negara Asia Tenggara yang Lain. Selain Timah Laos juga menghasilkan Batubara, bijihbesi (sehingga di Laos terdapat kilang-kilang besi), belerang, gibs, timbale, tembaga. Untuk wilayah penghasilnya adalah diperkirakan di wilayah dataran tinggi di Laos.

Industri
Dasar dari perindustrian di Laos lemah, antara lain adalah prossesing kayu , anyaman bambo dan kayu, hasil kayu di Laos banyak karena Laos merupakan penghasil kayu Jati dan kayu cendana, hal ini didukung dengan wilayah hutannya yang cukup luas (9juta hektar dan tingkat vegetasinya 42%) selain itu agrarinya mencapi 90%. Selain pemproses kayu perindustrian di Laos adalah pembangkit tenaga listrik, busana, makanan, bengkel reparasi kecil . wilayah perindustrian di Laos untuk pemrosesan kayu adalah di daerah dataran tinggi dan untuk busana, makanan, bengkel reparasi kecil, dan pembangkit tenaga listrik adalah di daerah kota-kota besar /pinggiran kota-kota besar
luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

9 comments: